Uang: MK vs KPU (Bag. 5)

Perlu waktu 75 tahun bagi para keluarga bankir untuk bangkit kembali dan mendirikan bank sentral berikut, Federal Reserve. Kali ini merasa menggunakan keturunan langung mereka sendiri, Jacob Schiff, keturunan dari Rothschild.

1850: Jacob (James) Rothschild ditaksir memiliki kekayaan sebesar 600 juta Franc, lebih banyak 150 juta Franc dari seluruh bankir di Perancis dijadikan satu.

1852: Perdana Menteri Inggris, William Gladstone, mengatakan “Sejak saya bertugas di sini, saya mulai menyadari ternyata pemerintah tidak berkuasa atas masalah finansial. Mereka memang tidak direncanakan untuk berkuasa, pekerjaan sebenarnya mereka adalah melindungi dan menutupi “kekuatan kaya.”

William.Gladstone.th
William Gladstone

1861: Perang Sipil Amerika dimulai. Penyebab perang bukan masalah perbudakan seperti yang sering dikatakan orang. Negara bagian Utara berperang dengan Negara bagian Selatan karena sengketa tarif perdagangan tidak adil yang diterapkan Utara yang memaksa Selatan harus mengimpor barang dari Eropa dengan harga yang lebih mahal. Eropa pada akhirnya juga menghentikan impor dari Negara bagian Selatan.

Para bankir melihat kesempatan besar utuk memecah belah dan menaklukkan amerika, mereka membiayai Napoleon III Perancis untuk menaklukkan Meksiko di Sebelah selatan dan pada saat yang sama Inggris menempatkan pasukan mereka di Kanada (Utara).

Napoleon.III
Napoleon III

Presiden Lincoln, yang menyadari dirinya sedang dalam masalah besar, bersama dengan Sekretaris Keuangan Salomon Chase, pergi ke New York dan mencoba mendapatkan pinjaman dari Bankir.

Salomon.P.Chase
Salomon P. Chase

Para bankir menawarkan pinjaman dengan bunga 24 sampai 36 persen, Lincoln menolak dan kembali ke Washington. Lincoln kemudian bertanya kepada salah satu kolonelnya. Dick Taylor, bagaimana cara membiayai perang ini. Taylor mengatakan padanya untuk pergi ke Kongres dan keluarkan sebuah peraturan pemerintah tentang penerbitan mata uang kertas sendiri. Uang kertas ini adalah mata uang resm dari negara, dan semua orang diwajibkan untuk menerimanya sebgai alat tukar.

Dick.Taylor.th
Dick Taylor

1862: Lincoln mulai mencetak 450 juta dolar mata uang baru. Uang ini menggunakan tinta hijau di sisi belakangnya untuk membedakan driri dari uang kertas lainnya saat itu, oleh karena itu dolar mulai disebut sdengan nama: Greenbacks”. Uang ini tidak dikenal bunga dan dapat digunkan umtuk membayar psukan dan membeli persediaan barang mereka.

Greenbacks
Greenbacks

Abraham.Lincoln.th
Abraham Lincoln

Presiden Lincoln adalah presiden terakhir Amerika yang bisa menerbitkan uang tanpa utang… Mengenai masalah uang, Lincoln berkata, “Pemerintah lah yang seharusnya mencetak dan mengedarkan uang sesuai dengan kemampuan belanja dari pemerintah dan daya beli masyarakat. Dengan mengadopsi prinsip ini, rakyat bisa dibebaskan dari bunga pajak yang sangat memberatkan. Uang akan menjadi pelayan manusia, bukan majikannya.”

Mengenai pernyataan dari Lincoln ini, The Times dari London kemudian menuliskan sebuah propaganda, yang datang dari para bankir, “Seandainya kebijakan dari benua Republik amerika Utara ini benar-benar diterapkan, pemerintah akan memiliki uang mereka tanpa ongkos. Mereka bisa melunasi utang mereka dan menjadi negara bebas tanpa utang. Mereka akan memiliki semua uang yang mereka butuhkan untuk menjalankan perdagangan. Mereka akan menjadi makmur melebihi negara manapun di dunia. Pemerintahan itu harus dihancurkan atau dia akan menghancurkan semua monarki di muka bumi.”

1863: Tsar Alexander II Rusia memebrikan sebuah bantuan tak terduga kepada Lincoln. Tsar mengatakan bahwa bila Inggris

Ataupun Perancis mengintervensi perang sipil, dan membantu Negara bagian Selatan, Rusia akan mengganggap ini sebgai deklarasi perang. Untuk membuktikan kata-katana, rusia mengirimkan seagian kapal perangnya menuju San Fransisco.

Tsar.Alexander.II
Tsar Alexander II

Bantuan ini, tentu saja bukan karena Tsar orang yang baik hati, Tsar melihat maksud dari para bankir besar, dan diapun telah menolak pendirian Bank Sentral di Rusia seperti yang diminta oleh bankir elit Eropa. Dia mengayadari bahwa bila Amerika jatuh ke tangan Inggris atau Perancis, maka mereka akan berada daam kendali Bank Sentral kagi. Ekspansi sedemikian besar dari kekaisaran bankir, cepat atau lambat akan mengancam Rusia.

1865: Lincoln ditembak seorang pembunuh bayaran.

Hanya ada satu kelompok yang memiliki alasan dan keinginan untuk mengingkirkannya, Bankit Internasional. Mereka sangat khawatir atas ambisi kredit dari Presiden Amerika tersebut.

Tak lama kemudian, para bankir kembali memperjuangkan pendirian Bank Sentral.mereka juga ingin menghapuskan greenbacks, dan menghidupkan kembali mata uang standar emas, yang memang mereka miliki. Ini bertentangan dengan keijaksanaan Lincoln yang menerbitkan greenbacks, yang di-backing hnya oleh niat baik dan kredit dari amerika.

Greenback
Greenbacks

Para bankir ingin mengandalaikan semua mata uang dan kredit dari semua negara di dunia. Dalam waktu 8 tahun sejak kematian Lincoln,mereka berhasil menerapkan sistem standar emas kembali di Amerika Serikat.

1866: Para pemilik bank sentral Eropa menginginkan agar bank sentral Amerika segera didirikan dan mata uang Amerika barus di-backing oleh emas. Emas adalah komoditi yang tidak tersedia banyak dan oleh karenanya lebih gampang untuk dimonopoli. Lebih baik dibandingkan dengan perak, yang tersedia secara berlimpah di Amerika.

Pada 12 April, atas prakarsa bankir elit Eropa, Kongres mengizinkan Sekretaris Keuangan untuk memperketat suplai uang untuk menarik kembali mata uang greenbacks.

Akibatnya,suplai uang berkurang drastis:
-1866: $ 1.800.000 dalam peredaran : $ 50,46 per kapita
-1867: $ 1.300.000 dalam peredaran : $ 44,00 per kapita
-1876: $ 600.000 dalam peredaran : $ 14,60 per kapita
-1886: $ 400.000 dalam peredaran : $ 6,67per kapita

Dalam waktu 20 tahun sejak 1866, 2/3 suplai uang amerika ditarik oleh bankir dan menyebabkan kehilangan daya beli sebesar 760% bagi rakyat amerika. Uang sulit didapat karena pinjaman bank ditarik dan pinjaman baru tidak diberikan.

1872: Ernest Seyd dikirim ke Amerika oleh Rothschild, pemilik Bank of England. Dia diberikan $100.000 yang dipakai untuk menyuap sebanyak anggota Kongres yang dia bisa. Misinya adalah mendemoneterisasi perak, yang ditemukan secara berlimpah di sisi Barat amerika dan mengancam keuntungan Rothschild.

1873: Ernest Seyd tampaknya menggunakan uangnya dengan “bijak”, Kongres meluluskan sebuah peraturan baru “Coinage Act,” yang menyebabkan pembatan koin perak dihantikan sama sekali.

1874: Koin emas adalah bentuk mata uang satu-satunya di Amerika.

1876: atas manipulasi suplai uang di amerika, 1/3 angkatan kerja tidak memiliki pekerjaan dan keresahan sosial mulai timbul. Sebagian orang mulai menuntut untuk kembali ke Greenbacks ataupun ke uang perak. Hasilnya, Kongres emembentuk “Komisi Perak amerika Serikat” untuk menginvestigasi masalah tersebut.

Tampaknya komisi ini mengetahui para bankir lah yang ada di balik masalah ini. Dalam salah satu laporannya, mereka menulis:

Zaman kegelapan dalam sejarah disebabkan oleh berkurangnya uang dan jatuhnya harga… Tanpa uang, peradaban tidak bisa dimulai, dan ketika suplai uang terus berkurang, akhirnya peradaban akan berakhir. Di era awal Kerajaan Romawi, jumlah uang metal adalah 1.800.000.000,- di akhir abad ke-15 suplai uang tinggal 200.000.000,-. Dalam sejarah kita tidak bisa menemukan masa yang lebih gelap daripada masa dari Kerajaan Romawi ke Zaman Kegelapan.

Sekalipun mendapatkan laporan dari komisi ini, Kongres tidak bertindak.

1877: Kerusuhan mulai terjadi dari Pittsburgh sampai Chicago. Pra bankir berkumpul dan memutuskan bahwa mereka akan tetap dengan kebijakan mereka. Mereka tahu bahwa walaupun keadaan memang kacau, tetapi mereka tetap orang yang sedang memegang kendali. Dalam rapat Asosiasi Bankir Amerika, mereka menekankan kepada semua anggotanya untuk menolak semua gagasan untuk kembali ke Greenbacks.

1878: tanggal 28 Februari Kongres mengesahkan “Sherman Law.” Hukum ini memperbolehkan pembuatan trbatas koin perak. Namun tidak berarti semua orang membawa perak ke amrika bisa menjadikannya dolar perak. Uang Amerika masih tetap di-backing oleh emas pasca Ernest Seyd.

Beredarnya uang tambahan perekonomian, yang diikuti oleh mulai diberikannya pinjaman oleh bankir, karena mereka sudah yakin atas kendali mereka, mengakhiri masa depresi pasca perang sipil.

Bersambung…

Linked: http://politik.kompasiana.com/2014/08/18/uang-mk-vs-kpu-bag-5-680856.html

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s