Tatkala Subuh Jasad Sekuat Nyawa

Subuh ke pasar lah aku.
Berkah gerimis mungkin melaju.
Aduk bercampur aneka bau.
Varian pangan pamer mempesta.

Makhluk-makhluk berbalas suara.
Di atas pondasi berembun lah tanah lagi berbasah.
Di bawah atap yang belum membiru.
Tak lama lagi hiruk-pikuk diramu.

Maka sebelum atap membiru,
Sebelum pondasi kering kerontang,
Aku lugu dahulu.
Aku sambut sang fajar yang mempesona
Mengalir nikmati fluktuasi cahaya,
Mengawini Rumah Indonesia.

Ini pasar,
sebelum datang pembeli,
ada lah umat satu profesi,
sejuta ingin tapi.
Maklum lah tabiat begitu lah ada.
Kadang de facto, pikiran abai.
Tapi lebih benar butuh Kepala.
Kontroler bagi Rumah Indonesia.
Ada lah jasad sekuat nyawa.

Maka sebelum atap membiru,
Sebelum pondasi kering kerontang,
Aku lugu dahulu.
Ya Tuhan… pilih lah nomor satu.
Kalo tidak, maka jadikan aku tetap satu.
Jasad sekuat nyawa.
Memang berat, tapi aku tak hilang harap.
Tersebab Engkau Yang MahaKaya.

by. Mahendra (Pasar Bangko, 09/07/14, embun 05:30 am)

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in puisi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

