Uang: Jokowi, Prabowo Pun Tertipu Puluhan Tahun (Bg. 1)

kembali ke sepeda seperti kembali ke emasperak

Pekan ini dan beberapa hari sebelum itu, arus antar media memang terasa derasnya. Kalo gak bisa dibilang arus sebut saja gelombang.

Enakan ujung-ujungnya bertemu di suatu muara, tapi kalo ternyata gak bertemu di satu muara, seperti jalan sendiri-sendiri. Dampaknya tentu kesepian. Pertemuan di satu muara itu simbol bagi banyaknya produk atau sedimentasi di daerah muara. Banyak pula sumber makanan bagi kehidupan, ada udang, ikan, dan sea food lainnya. Asyik… lezat.

CAPRES-CAWAPRES seperti dua sungai masing-masing punya gelombang. Gelombangnya besar, contohnya dalam DEBAT CAPRES omongin nasional dan global. Di sisi lain ada ada segmen tipu-menipu dalam duel Jokoewi Lovers dengan Prabowo Lovers. Di sisi yang lain lagi ada fragmen bela-membela. Keren…

Suksesi pemimpin itu sangat menghangatkan, lebih hangat lagi kalo kita membaca sejarah uang. Masih nyambung dengan politik, terkait itu kita pernah dengar Monetary lah, Money politics lah, Time is Money lah dan seterusnya lah. Membahasakan sejarah uang cocok dengan membahasakan suksesi kepemimpinan. Kita ambil saja, satu buku terjemahan, meski tidak ada nama penulis dalam buku itu tak apa lah kita menyimak penuturannya.

Rujukan buku yang berjudul Masa Lalu Uang dan Masa Depan Dunia itu adalah hiddenmysteries.com. Setelah saya cek langsung ke referensi primer, memang benar ada sub judul: I Want The Earth Plus 5% yang diterjemahkan oleh buku itu: Saya Menginginkan Seluruh Dunia Plus 5%. Eh.. Syukurlah setelah dicek, ada enam orang penulis website tersebut: Ellis Taylor, Brian Allan, Karen Gross-Foster, Diane Robbins, Michael Mott, dan R.A. Anderson.

Sejarah Itu Sarana Rekreasi

Sejarah Itu Sarana Rekreasi

Singkat cerita: 5% itu analog dengan uang tapi ternyata keberadaannnya di masyarakat merupakan imajiner. Saya tertipu sampai saya berumur 23 tahun (saat saya pertama kali membaca buku itu). Bagi umur kehidupan kira-kira kehidupan telah tertipu selama ratusan tahun. Lama men….

Bayangkan Anda sedang atau pernah tertipu, bagaimana rasanya?

Dampak dari Money Rule ini, kita bahkan disuruhnya membaca sejarah kenapa presiden AS yang terbunuh, dan agaknya gara-gara dia membuat perak sebagai standar uang. Kenapa sekarang standar uang adalah Dollar kertas?

Apa lah artinya Dollar itu, belum lebih dari kertas. Terbakar habis. Tapi kalo emas terbakar, dia hanya meleleh, bisa didesain lagi emasnya, pun perak. Emang sih emas itu menyusut tapi beda sekali kan dengan kertas? Apa ukurannya? apa indikatornya? La itu emas/perak kan logam mulia toh..

Kembali ke Buku. Berikut apa yang dituturkan penulisnya dalam bentuk cerita yang disederhanakan. Di sinilah letak ciri penulis hebat, sebab dia pandai mengkomunikasikan fakta agar mudah dipahami. Salut dah buat Ellis Taylor, Brian Allan, Karen Gross-Foster, Diane Robbins, Michael Mott, dan R.A. Anderson. Biografinya baca aja ya di websitenya.

SAYA MENGINGINKAN SELURUH DUNIA PLUS 5%

Fabian sangat bahagia karena dia akan menyampaikan sebuah pidato ke masyarakat besok. Dia selalu menginginkan kekayaan dan kekuasaan dan sekarang impiannya akan segera menjadi kenyataan. Dia adalah seorang tukang emas, mengukir emas dan perak menjadi perhiasan, tetapi semakin lama semakin tidak puas karena harus bekerja keras dalam hidupnya. Fabian menginginkan kesenangan, dan juga tantangan, dan sekarang rencana barunya siap untuk dimulai.
1-speech1x1
Selama puluhan generasi, masyarakat terbiasa dengan sistem perdagangan barter. Seseorang akan menghidupi keluarganya dengan memproduksi semua yang mereka butuhkan ataupun mengkhususkan diri dalam perdagangan produk tertentu. Kelebihan dari yang dia produksi, akan dia tukarkan dengan kelebihan barang lain yang diproduksi orang lain.

Pasar setiap hari ramai dan bersemangat, orang-orang berteriak dan melambaikan dagangannya. Sebelumnya pasar adalah tempat yang menyenangkan, tetapi sekarang jumlah orang terlalu banyak, pertengkaran pun semakin banyak. Tidak ada lagi waktu untuk ngobrol dan bercanda, sebuah sistem yang lebih baik mulai diperlukan.
2-market1x1
Secara umum, orang-orang relatif bahagia, dan mereka menikmati buah dari hasil kerja keras mereka.

Di setiap komunitas dibentuk sebuah pemerintahan yang sederhana yang tugasnya menjaga agar kebebasan dan hak setiap anggota masyarakat dilindungi dan untuk memastikan bahwa tak seorang pun akan dipaksa untuk melakukan hal yang tidak dia inginkan oleh siapapun juga.
3-law1x1
Namun, ada masalah yang tidak bisa mereka selesaikan di perdagangan pasar sehari-hari. Apakah sebilah pisau senilai dengan dua keranjang jagung? Apakah seekor kerbau lebih berharga dari seekor ayam? Orang-orang menginginkan sistem yang lebih baik.

Fabian mengiklankan diri kepada masyarakat, “Saya punya solusi atas masalah barter yang kita alami, dan saya mengundang kalian semua untuk sebuah pertemuan publik besok harinya.”

Besok harinya orang-orang pun berkumpul di tengah kota dan Fabian menjelaskan kepada mereka konsep tentang ‘uang”. Masyarakat yang mendengarkan pidatonya terkesan dan ingin mendengar lebih banyak.
4-meeting1x1
“Emas yang saya produksi menjadi perhiasan adalah logam yang luar biasa. Dia tidak akan berkarat, dan bisa bertahan sangat lama. Saya akan membuat emas dalam bentuk koin dan kita akan menyebut setiap koin dengan nama Dolar.”

Bersambung …

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in esai and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s