Pemerintah Jepang: Jangan Makan Sayur dari Fukushima

Pemerintah menyeru konsumen untuk menghindar dari memakan sayuran berdaun seperti bayam dan kubis yang dihasilkan di Provinsi Fukushima, dimana PLTN yang bermasalah ini berada.

Perdana Menteri Naoto Kan mengeluarkan instruksi tersebut pada hari ini, setelah jelas bahwa tingkat radiasi yang jauh lebih tinggi daripada batas aman terdeteksi di sebagian sayuran yang dibudidayakan di Fukushima. Kan menyatakan, pihak konsumen seharusnya tidak memakan sayuran berdaun seperti bayam, kubis dan sejenis sawi yang dikenal dengan nama komatsuna yang dihasilkan di Fukushima, dan menambahkan bahwa brokoli dan kembang kol termasuk dalam daftar anjuran ini.

Ia juga mengeluarkan perintah untuk menghentikan pengiriman lobak dari Fukushima, beserta daun peterseli dan susu dari Provinsi Ibaraki yang bertetangga.

Menurut Kementrian Kesehatan, cesium radioaktif dengan tingkat 164 kali lebih tinggi dari batas aman, terdeteksi ada pada sayuran berdaun yang disebut kukitachina, yang diproduksi di Fukushima pada hari Senin. Sayuran lain dengan tingkat radiasi yang berlebihan adalah termasuk kubis dan brokoli dari Fukushima, serta daun peterseli dari provinsi Ibaraki yang bertetangga.

http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/indonesian/top/news07.html. diakses 23 Maret 2011.

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s