Ciptakan Rumah Tanpa Limbah di Kamar Mandi

KAMAR mandi di rumah adalah tempat yang diciptakan bagi penghuninya untuk menjaga kebersihan diri. Ironisnya, ruangan itu sendiri sering dipenuhi dengan berbagai racun tak sehat dan membahayakan lingkungan.

Sudah waktunya meng-upgrade kamar mandi di rumah agar lebih hijau dan ramah lingkungan. Simak sejumlah tipsnya seperti dikutip situs sunset.com berikut ini:

Handuk
Jika handuk usang Anda sudah waktunya diganti, pilih handuk baru yang terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang (sustainable material) dan katun organik. Pestisida yang digunakan dalam memproduksi kapas yang ditanam secara konvensional, mengancam kesehatan para pekerja industri.

Sabun
Pilih sabun yang berbahan dasar tanaman. Hindari produk yang mengandung paraben atau wewangian berbahan dasar petroleum, karena berpotensi memicu reaksi alergi. Selain itu, untuk mengurangi sampah kemasan, pilih produk yang menyediakan kemasan isi ulang.

Tisu
Organisasi lingkungan Greenpeace merekomendasikan untuk menggunakan tisu dan kertas toilet yang mengandung 100 persen bahan daur ulang, dan dikelantang tanpa senyawa klorin beracun.

29 Januari 2011 10:10 WIB | 0 Komentar
The Zero Waste Home

Penulis : Yulia Permata SariPancuran/bak mandi

Untuk tirai pancuran atau keset kamar mandi, pilih yang terbuat dari material alami dan plastik bebas polyvinyl chloride. Tirai pancuran atau keset pancuran/bak, sering mengandung plastik PVC yang dapat mengeluarkan senyawa ftalat yang bersifat karsinogen (penyebab kanker).

Untuk menghemat air, tampung air bekas mandi ke dalam ember untuk menyiram kebun.

Udara segar
Setiap kamar mandi sebaiknya dilengkapi ventilasi berupa jendela terbuka. Tempatkan pot tanaman di samping jendela untuk membantu menyaring udara. Menurut laporan NASA, sejumlah tanaman terbaik untuk menyaring udara adalah lidah mertua (Sansevieria trifasciata), lily paris (Chlorophytum comosum), dan english ivy (Hedera helix). (LI/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2011/01/01/4860/7/Ciptakan_Rumah_Tanpa_Limbah_di_Kamar_Mandi. diakses 23 Maret 2011.

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s