Tentang Prakarsa Piagam Bumi

Prakarsa Piagam Bumi

“Prakarsa Piagam Bumi” adalah nama kolektif untuk jejaring global individu, organisasi dan institusi yang beraneka-ragam luar biasa yang berpartisipasi dalam mempromosikan dan melaksanakan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Piagam bumi.
Prakarsa ini adalah suatu upaya masyarakat madani, yang sifatnya internasional dan sukarela. Pesertanya termasuk institusi internasional terkemuka, pemerintah nasional dan kantor-kantor dinasnya, berbagai universitas, lembaga swadaya masyarakat dan kelompok-kelompok berbasis masyarakat, pemerintah kota, kelompok keagamaan, berbagai sekolah dan bisnis – maupun ribuan individu.
Banyak organisasi yang telah mendukung Piagam Bumi secara formal dan memanfaatkannya atau mempromosikan visinya, dan banyak lainnya yang menggunakan dan mempromosikan Piagam Bumi tanpa secara resmi memberi dukungan.
Piagam Bumi International
Piagam Bumi International terdiri dari Dewan ECI (ECI Council) dan Sekretariat. ECI ada untuk mengembangkan Misi dan Visi Prakarsa Piagam Bumi. ECI berikhtiar untuk mendorong diseminasi, adopsi, penggunaan dan penerapan Piagam Bumi dan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Prakarsa Piagam Bumi. ECI diciptakan pada tahun 2006 sebagai bagian dari proses penting penataan kembali dan perluasan kegiatan Piagam Bumi.
Penting untuk diingat bahwa walaupun Dewan ECI memimpin dan memandu bagi Prakarsa yang lebih umum, Dewan ini tidak secara langsung mengatur maupun mengontrol Prakarsa Piagam Bumi secara keseluruhan. Prakarsa ini tidak diatur secara formal. Dewan ini hanya bertanggung-jawab untuk mengatur ECI.
Komisi Piagam Bumi
Komisi Piagam Bumi, yang dibentuk pada awal 1997 sebagai badan independen, internasional oleh Earth Council dan Green Cross International, mengawasi proses konsultasi dan perancangan Piagam Bumi. Komisi ini menyetujui versi final teks Piagam Bumi dan meluncurkannya pada tahun 2000. Komisi Piagam Bumi mempertahankan otoritasnya atas teks Piagam Bumi, dan anggota-anggotanya merupakan penasehat Piagam Bumi Internasional (ECI) serta berfungsi sebagai Duta-duta Piagam Bumi. Akan tetapi, Komisi ini tidak lagi turut campur dalam menyelia Prakarsa Piagam Bumi. Tugas ini telah diberikan kepada ECI.

Dewan ECI

Dewan ECI Council mengawasi kerja Sekretariat Piagam Bumi Internasional (ECI). Dewan ini menetapkan tujuan besarnya, kebijakan dan strategi untuk ECI, serta memberi panduan dan kepemimpinan kepada Prakarsa yang lebih luas. Dewan ECI bukan badan yang dibentuk dengan legalitas. Dewan ini memilih anggota-anggotanya sendiri dalam berkonsultasi dengan anggota-anggota jejaring global pendukung Piagam Bumi.

Sekretariat ECI

Sekretariat ECI, yang berbasis di University for Peace di Costa Rica, berikhtiar untuk mempromosikan misi, visi, strategi dan kebijakan yang diadopsi oleh Dewan ECI. Sekretariat ini mendukung kerja Dewan, membantu dalam hal perencanaan strategis dan mengkoordinasikan banyak kegiatan Piagam Bumi. Sekretariat ECI memberi panduan dan sebagai penghubung upaya membawa Piagam Bumi ke bidang-bidang pendidikan, kepemudaan, bisnis dan keagamaan, juga mengatur komunikasi dengan jaringan Piagam Bumi yang lebih luas, serta mempromosikan pemanfaatan Piagam Bumi sebagai dokumen hukum lunak internasional (international soft law document).

Afiliasi

Afiliasi-afiliasi ECI adalah individu atau organisasi yang memiliki visi Piagam Bumi dan berkomitmen untuk mempromosikan Piagam Bumi dan membantu menerapkan strategi-strategi ECI di Negara mereka. Para Afiliasi masuk ke dalam perjanjian formal dengan ECI sebagai sumber yang aktif mengenai informasi dan kegiatan Piagam Bumi di Negara mereka. Sekretariat ECI mengkoordinasikan berbagai kegiatan bersama dengan Afiliasi dan memberi mereka panduan dan materi-materi bacaan. Mungkin ada lebih dari satu Afiliasi di sebuah Negara. Afiliasi setuju untuk memelihara kontak komunikasi yang dekat dengan ECI dan untuk memberikan berbagai laporan tentang kegiatan penting yang berhubungan dengan Piagam Bumi yang diadakan di wilayah mereka. Sejalan dengan itu, ECI setuju untuk selalu memberi informasi kepada Afiliasi tentang keputusan-keputusan dan kegiatan-kegiatan kunci yang berhubungan dengan mereka, serta memberi mereka panduan, masukan strategis, dan dukungan komunikasi pada tingkat tertentu (yang tergantung pada ketersediaan sumber daya).

Organisasi Mitra

Mitra Strategis adalah organisasi-organisasi yang kegiatannya secara langsung dan secara program mendukung Piagam Bumi dan Prakarsa Piagam Bumi, atau yang kegiatannya harmonis dengan prinsip-prinsip Piagam Bumi. Mereka ini umumnya adalah organisasi-organisasi internasional, tetapi bisa juga berfokus pada tingkat nasional ataupun lokal. Organisasi Mitra masuk ke dalam perjanjian formal (a Memorandum of Understanding, Letter of Agreement, atau bentuk pengakuan formal lainnya) bersama dengan ECI untuk proyek-proyek tertentu yang menjelaskan bagaimana Mitra akan bekerja untuk mendukung dan mempromosikan Piagam Bumi dan bagaimana ECI akan membantu mereka.
Pendukung
Pendukung bisa individu atau organisasi yang secara formal mengutarakan dukungan dan komitmen mereka terhadap spirit dan sasaran dokumen Piagam Bumi. Kategori Pendukung adalah segala organisasi sebesar apapun serta segala individu. Sekretariat ECI telah secara aktif mencari pendukungan (endorsement) dari organisasi-organisasi besar berskala internasional dan nasional.

Penasehat

Penasehat ECI adalah individu-individu yang secara formal diakui sebagai sumber ahli yang memberi masukan dan bantuan keahlian kepada Dewan ECI dan Sekretariat. Berbagai individu diajak sebagai penasehat berdasarkan komitmen individu mereka kepada Piagam Bumi, juga berdasarkan kapasitas mereka untuk dapat memberikan masukan dan bantuan secara aktif kepada Dewan ECI, Sekretariat dan Gugus Kerja (Task Forces), dan pada organisasi afiliasi mereka bila relevan. Para Penasehat ditunjuk oleh direktur eksekutif Sekretariat.

Gugus Kerja

Gugus Kerja telah dirancang untuk bekerja sebagai jejaring relawan yang bisa membangkitkan prakarsa independen. Gugus Kerja berfokus pada pengembangan jaringan dan mendorong kegiatan di salah satu bidang-bidang ini: Bisnis, Pendidikan, Media, Keagamaan, Perserikatan Bangsa-bangsa dan Kepemudaan. Komite eksekutif Dewan ECI memberi persetujuan pada penunjukan tim pimpinan (leadership team) di setiap Gugus Kerja. Anggota dewan, mitra individu dan organisasi, afiliasi atau penasehat menjadi bagian dari Gugus Kerja. Dewan ECI secara berkala akan menelaah kembali kemajuan dan kerja setiap Gugus Kerja. Akan tetapi, Dewan ECI dan Sekretariat ECI tidak mengatur dan mengelola kinerja Gugus Kerja.

Relawan/Pengikut

Relawan atau Pengikut adalah Pendukung yang berkomitmen dan mendonasikan sumber daya bagi Prakarsa Piagam Bumi – baik itu waktu, uang, koneksi jejaring, dan promosi kepada publik atau apapun yang sesuai untuk mereka. Mereka ini bisa organisasi, pemerintahan, ataupun individu. “Relawan/Pengikut” sama seperti anggota di dalam pengertian tradisional program anggota LSM, kecuali tidak adanya badan formal bagi mereka bertumpu, dan mereka menyadari tidak adanya hak-hak formal bagi status mereka sebagai Pengikut ini.
Copyright © 2009 by PiagamBumi

http://piagambumi.org/tentang_prakarsa.htm (diakses 17 Maret 2011)

Post By Mahendra

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Materi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s