Pembacaan Sidikjari DNA

Gen merupakan bagian yang mencerminkan identitas kita. Tanda tangan gen yang jelas terlihat, dalam bentuk sidik jari atau golongan darah, telah lama digunakan untuk mengidentifikasi individu-individu dalam penyelidikan tindak kejahatan ataupun masalah paternitas. Namun selain dari metode tradisional yang berupa pengambilan sidik jari dan pengujian golongan darah, teknologi DNA telah memberikan beberapa cara baru untuk menjaring tersangka. Teknik pebacaan sidik DNA (DNA fingerprinting) telah mempersulit para penjahat untuk lolos dari tuduhan pembunuhan.

Sidik jari telah digunakan untuk mengidentifikasi seseorang sejak awal abad ke-19. Tiap orang memiliki sidik jari yang unik. Bahkan pasangan kembar identik, yang memiliki gen yang sama persis, mempunyai sedikit perbedaan dalam pola sidik jari mereka. Jadi, perbedaan pola sidik jari tidak hanya disebabkan oleh gen, namun juga oleh faktor lingkungan selama perkembangan janin.

Sidik jari adalah sebuah cara akurat untuk mencocokkan tersangka dengan lokasi kejadian (TKP). Sayangnya, para penjahat juga mengetahui hal tersebut, sehingga mereka sering memakai sarung tangan untuk menyembunyikan identitas mereka. Namun kecuali mereka melakukan kejahatan dengan berada dalam gelembung plastik besar, mereka tidak dapat menghindar DNA menjadi fragmen-fragmen berukuran lebih kecil yang dapat dipisahkan melalui elektroforesis gel (Brookes, 2005: 140-141).

Brookes, Martin, 2005. Genetika, Terjemahan Anggia Prasetyoputri, Erlangga, Jakarta.

Post By Mahendra

 

Pengumuman: Ayo ikuti TOYOTA SEO AWARD 2010, Pendaftaran gratis.. Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah!!

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Materi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s