WikiLeaks: Saddam Hussein Ingin Damai Tapi AS Ingin Minyak

Senin, 03 Januari 2011, 12:11 WIB SmallerREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Mantan presiden Irak, Saddam Husein, sebelum Perang Teluk I terjadi ternyata mengirimkan pesan damai terhadap Presiden Amerika Serikat, George Bush. Namun pesan itu diacuhkan AS yang tetap menyerang Irak setelah konflik perbatasan dengan Kuwait memanas.

Dalam dokumen rahasia Kedubes AS di Baghdad berkode 90BAGHDAD4237 tertanggal 25 Juli 1990 disebutkan Presiden Irak Saddam Hussein punya pesan penting bagi Presiden AS. Ini disampaikan Saddam dalam pertemuan dengan Dubes AS di Baghdad.

“Irak ingin bersahabat dengan Amerika. Tapi apakah Pemerintah AS menginginkan hal serupa?” kata Saddam, seperti dikutip WikiLeaks. “Irak kini merana akibat perang. Kami kehilangan 100 ribu warga. Kondisi kami sangat miskin, sampai-sampai kami akan menyabut subsidi bagi anak yatim piatu,” kata Saddam yang tewas akibat hukuman gantung ini.

Menurut Dubes AS, Saddam berbicara dengan sangat berhati-hati. Ia memilih katanya dengan cermat. “Ada lingkaran di dalam pemerintahan AS, termasuk CIA dan Deplu AS, yang tidak ingin hubungan baik antara Irak-AS berlanjut,” katanya. “Lingkaran itu kini mengumpulkan informasi tentang siapa yang akan menggantikan saya. Mereka beraksi untuk memastikan Irak tidak akan mendapat bantuan dalam krisis ini,” katanya.

Ia menambahkan, Irak kini dalam masalah keuangan yang sangat berat. Irak punya utang sebesar 40 juta dolar AS. Irak butuh bantuan AS. “Tapi AS justru menginginkan harga minyak turun,” kata Saddam, bertanya.

“Tapi terlepas dari hal yang membuat Irak terganggu atas AS. Kami tetap ingin mengembangkan hubungan baik kedua negara. Namun bagi pihak yang ingin memaksa harga minyak turun dan membuat perang ekonomi terhadap Irak, kami tidak akan tinggal diam. Ini masalah harga diri,” kata Saddam, tegas.

Red: Stevy Maradona
Sumber: WikiLeaks

WikiLeaks: Saddam Hussein Ingin Damai, Tapi AS Ingin Minyak. Diakses tanggal 3 Januari 2011. http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/11/01/03/156069-wikileaks-saddam-hussein-ingin-damai-tapi-as-ingin-minyak.

Post By Mahendra

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s