Sembilan Karakter Dalam Dirimu

→  menurut Alina Berdichevsky seorang psikolog dan konsultan life style and relationship

 

  1. Sifat Pemelihara

sosok yang memberi perhatian, kenyamanan, kelembutan, dan penuh belas kasih.

Tip: aturlah emosimu, lalu ubah jadi motivasi untuk kembali ke jalan yang benar.

  1. Sifat Motivator

Alina Berdichevsky mengatakan, setiap orang memiliki sisi motivator. “Motivatormu akan berbicara saat kamu melakukan hal yang kamu sukai, atau saat kamu ingin mencoba sebuah ide baru.

Tip: Kenali sisi positifmu ini, dan katakan pada dirimu sendiri, bangun pagi akan membuat harimu lebih tertata dan berantakan hati ini. Atau menganar mama akan membuat hatinya bahagia.

Sifat Pengkritik

kalu Anda terlalu fokus dengan sisi motivator, sisi pengkritik dalam dirimu akan mengambil andil. Sisi pengkritik adalah penyebab dari rasa bersalah.

Sisi pengkritik dalam dirimu sangat berguna untuk mengetahui kata hatimu.

Tip: Dengarkan suara bersalahmu. Para ahli psikologi mendukung: “ Kalau hal ini salah, maka kamu bisa memunculkan sift pemelihara.

Penyenang Hati

“Karakter ini banyak kita anut karena menurut kita itu kan membuat kita merasa dihargai dan diterima oleh komunitas kita,” kata Berdichevsky.

Tip: sangat bagus untuk membuaatorang lain bahagia namun pastikan mau tidakperlu berkorban terlalu banyak atau kamu akan merasa sakit hati nantinya.

Tipe Party

Adalah kegemaran bersenang-senang, mengekspresikan kebebasan diri bersama teman-teman lain.

Tip: Kembangkan sifat party-mu, misalnya sense of humour kamu atau kemampuanmu berkomunikasi, ramah dan gaul.

Tipe Pelaku Beberapa Hal Bersamaan

Pekerjaan, rumah, teman-teman komitmen, adalah daftar hal yang perlu kita lakukan dalam kehidupan. Ini bisa dilakukan sekaligus secara bersamaan karena lebih menghemat waktu. Tip: Kehilangan konsentrasi untu k dua halsekaligus di waktu bersamaan, sama saha dengan menyianyiakan energimu karena kamu tidak fkus pada keduanya.

Tipe Pemarah

“Kalau Anda tidak mengeluarkan emosimu, ada kalanya ini membuat perasaanmu jadi lelah mati rasa, dan membeku,” jelas berdichevsky. Namun, amarah hanya sesuai pada waktu yang memang tepat. Tip: kalau kamu merasa marahmu berapi-api tidak seperti biasanya. Carilah alat untuk melampiaskannya, tetapi dengan cara yang benar misalnya meninju tasmu.

Sifat Empati

“Kita bisa mewujudkan sifat ini saat seseorang yang kita sayangi mengalami masalah. Bdanya dengan sifat pemelihara, kalau empati hanya mendengarkan dengan sepenuh hati, tidakmemberi saran sepeti tipe pemelihara,”kata Berdichevsky. Tipe empati bisa membantu melepaskan kemarahan. Tip: setelah mereda, coba diganti dengan menjadi motivator. Tampa energimotivator ini, hanya akan membuat masalah semaki buruk.

Sifat Kekanakan

Memiliki sifat kekanak-kanakan adalah cara yang baik untuk mencapai emosimu yang sebenarnya, namun Berdichevsky menjelaskan terdapat perbedaan antara kekanak-kanakan dan seperti anak kecil.

“Anak-anak sangat berhubungan dengan emosi mereka, dan saat kamu memanfaatkan sisi kekanakanmu, kamu memancarkan aura yang tampak lebih muda, yaitu innocent dan lembut.

(Majalah … Edisi 62 – September 2008)

Advertisements

About mahendros

jangan lupa, usahakan disiplin
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s